Jl.HS. Ronggo Waluyo, Telukjambe - Karawang

Sejarah Masjid Al-Fatih

Sejarah

Pendirian Masjid di Lingkungan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang berawal dari rencana jangka panjang Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (YPPTPP) sebagai badan hukumnya untuk pembangunan spiritual masyarakat, terutama dikalangan Civitas Akademik Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang.  Dimulai dari rapat rutin Organ YPPTPP setiap minggunya tepatnya pada tanggal 5 April 2017, diputuskanlah dalam rapat Organ YPPTPP pemilihan pengurus inti panitia pembangunan masjid yang diketuai oleh bapak H. Fadly M.Syaf.

Penamaan al-Fatih sendiri sebagai nama masjidnya didasarkan penetapan setelah melalui proses pemilihan nama-nama masjid yang saat itu bapak H. Iman Sumantri selaku Ketua Umum Pengurus YPPTPP menugaskan Ainur Alam Budi Utomo untuk mencari nama-nama masjid yang bernafaskan Islam dan tokoh-tokoh islam yang berjasa dalam kemajuan peradaban Islam. al-Hasil, di serahkanlah oleh Ainur Alam Budi Utomo perihal  9 (Sembilan) nama-nama masjid beserta alasannya melalui surat tertanggal 6 April 2017, dan akhirnya diberikanlah jawaban melalui disposisi surat tersebut yang di tulis langsung oleh bapak H. Iman Sumantri sebagai Ketua Umum Pengurus YPPTPP dengan memilih satu nama, yaitu al-Fatih yang terinspirasi dari Muhammad al-Fatih, sang panglima perang, penakluk Konstantinopel, salah satu pemimpin yang berpengaruh dalam kemajuan peradaban islam dan terlebih beliau menurut mayoritas para ulama adalah sosok yang dipuji oleh rasulullah dalam hadisnya sebagai sebaik-baik panglima perang dengan tentara dimasanya. Alasan lain yang mendukung kuat penamaan al-Fatih juga adalah latar belakang Organ Yayasan yang berlatar belakang tentara militer, ini menunjukan kesamaan dengan Muhammad al-Fatih yang berlatang belakang tentara militer.

Pada perkembangan berikutnya untuk memudahkan kordinasi agar bekerja secara terorganisir, diterbitkanlah SK Keputusan Ketua Pembina YPPTPP nomor :322/SK/PS/YPPTPP/2017 tanggal 5 Mei 2017 tentang Pembentukan Panitia Pembangunan Masjid Al-Fatih di Kampus UBP Karawang yang melibatkan unsur Pengurus YPPTPP dan Pelaksana Kegiatan Yayasan yang terdiri dari unsur pimpinan UBP Karawang, dosen dan tenaga kependidikan UBP Karawang. Pengukuran lahan tanah pendirian masjid pun dilakukan, disaksikan langsung oleh Organ YPPTPP, unsur Pimpinan UBP, dosen UBP dan unsur tenaga kependidikan UBP Karawang pada tanggal 18 Mei 2017.

Pada proses perjalanan panitia pembangunan masjid al-Fatih UBP Karawang, panitia pun dikejutkan dengan berita wafatnya bapak H. Fadly M. Syaf. Maka seketika itu pun keluarga besar Organ YPPTPP dan UBP Karawang mengantarkan beliau terakhir kalinya ke pemakaman yang dilakukan secara militer pada tanggal 26 Maret 2018. Selalu teringat semangat beliau dalam memimpin setiap rapat pantia pembangunan masid dan selalu terngiang kata-kata mutiara beliau yang sering terucap dengan bahasa Sunda Karawang tentang pendirian masjid “tong sieun teu anggeus, tong hayang buru-buru anggeus, pasti anggeus”. Kata-kata mutiara itulah yang menambah energi bagi panitia selanjutnya yang dikomandoi oleh bapak H. Dadang Fakhruddin sesuai dengan SK Ketua Pembina YPPTPP denga No : 01/SK/DP.YPPTPP/IV/2018 Tentang Perubahan Panitia Pembangunan Masjid al-Fatih UBP Karawang.

Penyempuranan awal pembangunan masjid al-Fatih UBP Karawang pun dilakukan segera dengan melakukan kalibrasi arah kiblat masjid al-Fatih UBP Karawang oleh tim pelaksana pengukuran arah kiblat dari Kemenag Kabupaten Karawang di lokasi lahan pembangunan masjid pada tanggal 28 Agustus 2018 Pk. 11.01 Wib yang disaksikan langsung oleh bapak H. Dadang Fakhruddin selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid al-Fatih UBP Karawang. Seminggu kemudian selanjutnya dilakukanlah peletakan batu pertama yang diawali oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, bapak Prof. Mohamad Nasir, Ph.D, Unsur Pembina YPPTPP, Unsur Pejabat Pemerintah dan Rektor UBP Karawang pada tanggaL 3 September 2018. Pembangunan masjid al-Fatih UBP Karawang pun dimulai dalam waktu tempo kurang lebih dua tahun sesuai dengan hasil rapat pantia pembanguan masjid al-Fatih UBP Karawang sebelumnya pada tanggal 23 Mei 2018, dan tepatnya pada tahun 2019 dapat digunakan pertama kalinya untuk ibadah ramadhan dan ibadah lainnya. Pada tahun yang sama juga diterbitkanlah SK Ketua Umum Pengurus Yayasan Buana Pangkal Perjuangan Karawang (YBPPK) yang dahulu sebelumnya bernama YPPTPP dengan No : 188.B/SK/PS-YBPPK/XI/2019 tanggaL 26 November 2019 tentang Pengurus Dewan Keluarga Masjid Al-Fatih UBP Karawang Periode 2020-2022. Semoga menjadi hal tersebut menjadi amal jariyah bagi siapapun yang terlibat dalam pendirian dan memakmurkan masjid al-Fatih UBP Karawang.